Pria Mandul, Jangan Takut…

Mandul merujuk pada ketidakmampuan untuk hamil atau membuat seorang wanita hamil setelah setahun berhubungan seksual tanpa alat kontrasepsi apapun. Kemandulan ini terjadi pada sekitar 15% pasangan. Secara kasar, 40% kasus kemandulan disebabkan adanya  gangguan pada  pria, 40% karena gangguan pada wanita dan 20% disebabkan kedua pasangan.

Butuh evaluasi yang tepat agar tiap kasus kemandulan membuahkan solusi terbaik. Sangat penting untuk mengetahui riwayat seksual setiap pria, mulai dari lamanya kemandulan yang terjadi hingga riwayat perkawinan sebelumnya yang pernah dialami. Sebagian besar pria tidak mengetahui kapan dan bagaimana menentukan waktu yang tepat untuk mencapai sebuah kehamilan.

Sperma dapat bertahan berada dalam rahim seorang wanita selama kurang lebih dua hari sehingga waktu yang tepat untuk berhubungan seks adalah setiap dua hari. Penggunaan pelumas dalam berhubungan seksual juga sebaiknya dihindari karena dapat menurunkan kualitas sperma hingga kemungkinan terjadinya kehamilan justru menurun.

Pemeriksaan laboratorium merupakan bagian penting guna mencari penyebab kemandulan yang terjadi pada seorang pria.  Volum cairan yang normal keluar saat berhubungan adalah 1,5 – 5,5 cc dengan jumlah sperma lebih dari 20 juta setiap cc-nya. Jumlah sperma yang bergerak harus lebih dari 50%. Hal tersebut adalah standar minimal seorang pria sehat yang siap untuk membuahi seorang wanita.

Kemandulan pun dapat disebabkan oleh libido atau nafsu berhubungan seks yang rendah alias impoten. Impotensi merupakan penyebab kemandulan yang paling sering terjadi dimana pria kesulitan untuk ereksi. Penyebab impotensi dapat dilakukan melalui pemeriksaan hormon.

Penentuan waktu yang tepat untuk berhubungan seks juga menentukan. Waktu berhubungan yang baik adalah setiap dua hari. Penting juga mengetahui masa subur seorang wanita karena bila hubungan tersebut dilakukan saat masa subur maka kemungkinan terjadinya kehamilan akan makin besar.

Kelainan bentuk dari organ kelamin pria juga dapat menyebabkan penempatan sperma pada tempat yang tidak tepat atau terlalu jauh dari rahim sehingga sulit mewujudkan pembuahan pada seorang wanita. Udara panas dari tempat sauna atau dari bak mandi, rokok, ganja dan konsumsi alkohol yang berlebihan juga berdampak negatif pada kesuburan pria.

Terdapat berbagai pilihan terapi untuk mengatasi kemandulan pada pria. Terapi tersebut dapat berupa tindakan operasi, obat-obatan maupun konsultasi langsung dengan dokter. Tindakan operasi dilakukan bila terdapat kelainan pada organ yang tidak dapat diatasi dengan obat-obatan.

Konsultasi dengan dokter juga sangat membantu penanganan kemandulan pada pria dan pastinya berbagai pilihan terapi dilakukan berdasarkan sebab kemandulan setelah melakukan berbagai evaluasi dan pemeriksaan medis.

Ditulis oleh: dr. Karnel Singh
(Volunteer doctorSHARE. Dokter pascaPTT di Kepulauan Kei, Maluku Tenggara Barat)

-doctorSHARE clinic-

Sumber foto: http://images.medicaldaily.com/

*db*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s